Walikota Resmikan Master Meter PDAM Surabaya

Nanang Sarjono, warga Kelurahan Ketabang Kecamatan Genteng Surabaya, mengungkapkan kegembiraannya setelah dipasang jaringan PDAM Surabaya. Sekarang dia dan lima puluh dua Kepala Keluarga (KK) lainnya di Kanginan bisa menikmati akses air PDAM dengan mudah. “Selama tujuh belas tahun saya membeli air jerigen / gledegan, tapi sekarang kami bisa menikmati air PDAM yang harganya terjangkau,” ujarnya bangga.
    Walikota Surabaya, Tri Rismaharini meresmikan lima master meter, Selasa (19/5), di jalan Legundi Kelurahan Ketabang, Genteng, Surabaya. Master meter ini merupakan program PDAM Surabaya untuk meningkatkan akses air PDAM yang ditujukan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kota Surabaya yang bertempat tinggal di wilayah/ lokasi  yang secara teknis maupun administratif tidak dapat dilayani PDAM Surabaya.
Tri Rismaharini mengatakan bahwa master meter merupakan solusi bagus untuk melayani masyarakat Surabaya yang menempati wilayah seperti di bantaran rel kereta api. Risma berharap dengan adanya master meter ini masyarakat bisa menghemat pengeluaran, agar nantinya digunakan untuk biaya pendidikan sekolah anak-anaknya. “Siapa tahu nanti anak-anak ibu bapak sekalian bisa jadi walikota, presiden, atau bahkan lahir pemain sepak bola seperti messi dari Surabaya,” ungkapnya bangga.
    Program master meter ini sudah dijalankan PDAM Surabaya sejak tahun 2009, dimana jaringan setelah master meter didistribusikan dan dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). PDAM Surabaya sudah memasang total lima belas master meter diantaranya; Kelurahan Wonokromo, Kelurahan Jagir, Kelurahan Ngagel Rejo (Bratang Gedhe (5 master meter), Bratang Perintis (2 master meter), Kelurahan Ketabang (Ngemplak, Legundi, Kanginan), Kelurahan Greges, Kelurahan Tambak Sarioso (2 master meter), dengan jumlah pelanggan yang dilayani 708 sambungan rumah (SR). “ini merupakan upaya PDAM Surabaya menuju target 100% pelayanan air minum di Kota Surabaya,” ujar Ashari Mardiono, Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.
    Selain master meter, PDAM Surabaya melakukan beberapa program untuk mempercepat akses pelayanan air minum 100% di Kota Surabaya. Seperti Gebyar Diskon pemasangan baru untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan sosial, yang rutin dilakukan di acara Hari Jadi Kota Surabaya dan Hari Ulang Tahun PDAM Surabaya. Ada juga Program mikro kredit yang bekerjasama dengan perbankan dimana pelanggan dapat mengangsur biaya pasang baru tanpa agunan.