PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Gelar Produk UMKM Surabaya

Jumat, 14 Januari 2022
Share:
PDAM Surya Sembada Kota Surabaya mengadakan Gelar Produk UMKM pada hari Jumat, 14 Januari 2022 bertempat di Open Space kantor pusat PDAM di Jl Prof Dr Moestopo Nomor 2 Surabaya.

Kegiatan ini dalam rangka mendukung Pemerintah Kota Surabaya membangkitkan kembali perekonomian di Kota Surabaya dengan bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Surabaya. “Kami berupaya membantu UMKM mengenalkan dan memasarkan produknya. Selain itu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan pada produk lokal,” ungkap Arief Wisnu, Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

Gelar Produk UMKM Surabaya kali ini ada 7 UMKM yang bergabung, yaitu Ning Nina Batik, Kriya Punden Batik, Wistara Batik, Chawaty Collection, Mak Mar (minuman herbal), Cenda (cendol susu), dan KUB Mampu Jaya (sepatu kulit sintetis).

Total omzet penjualan pada Gelar Pameran Produk UMKM ini adalah sekitar 14 juta rupiah. “UMKM yang kita pajang produknya sudah layak dijual dan dari segi legalitasnya sudah lengkap,” ujar Farida Fitrianing Arum, Kepala Bidang Pembinaan Usaha Perdagangan/Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Surabaya.

Farida mengakui bahwa dukungan dari PDAM akan menjadi semangat baru untuk terus memasarkan produk-produk UMKM. Apalagi, PDAM menjangkau semua kalangan, sehingga diharapkan pemasaran UMKM itu bisa menjangkau lebih banyak lagi warga Kota Surabaya atau pun luar Surabaya.
“Sekali lagi terimakasih banyak Pak Dirut dan teman-teman PDAM, ini sangat membantu UMKM kita,” terangnya.

PDAM Surya Sembada telah mengembangkan empat skema untuk membantu UMKM sesuai arahan Wali Kota. Pertama, PDAM membantu pemasaran UMKM. Kedua, memastikan keandalan layanan air untuk mendukung operasional UMKM. Ketiga, PDAM memberdayakan UMKM dengan cara membeli produk UMKM untuk operasional Perusahaan. Kegiatan yang dilakukan antara lain pemenuhan kebutuhan konsumsi dari UMKM untuk acara dan elemen PDAM diminta untuk memakai pakaian batik khas Surabaya. Ke depan berkolaborasi dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya untuk terlibat dalam pembinaan UMKM seperti menyelenggarakan pelatihan manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan sebagainya. Keempat, turut mensosialisasikan aplikasi PEKEN Surabaya (Pemberdayaan dan Ketahanan Ekonomi Nang Suroboyo), aplikasi belanja online dari Pemerintah Kota Surabaya untuk berbelanja produk UMKM Kota Surabaya.