Optimalisasi Produksi IPAM Karang Pilang dan Ngagel PDAM Surya Sembada Kota Surabaya untuk Peningkatan Pelayanan Pelanggan

Selasa, 28 Pebruari 2023
Share:
Dalam rangka peningkatan pelayanan distribusi air untuk seluruh pelanggan, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya telah melakukan optimalisasi produksi di Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Karang Pilang dan IPAM Ngagel. “Untuk mencapai target PDAM ‘2023 Sem

Dalam rangka peningkatan pelayanan distribusi air untuk seluruh pelanggan, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya telah melakukan optimalisasi produksi di Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Karang Pilang  dan IPAM Ngagel.

“Untuk mencapai target PDAM ‘2023 Semua Terlayani’ kami melakukan optimalisasi di IPAM Karangpilang 2 dan IPAM Ngagel 1. Tujuannya supaya pelanggan yang selama ini tekanan airnya kurang lancar bisa mendapatkan air yang lebih lancar dengan tekanan air 2 mka (meter kolom air) atau tekanan keatas setinggi 2 meter dari pipa dengan suplai air selama 24 jam di seluruh Surabaya.” ujar Nanang Widyatmoko Direktur Operasi PDAM Surya Sembada.

Optimalisasi produksi yang telah dilakukan di IPAM Karangpilang 2 mampu meningkatkan kapasitas produksinya dari yang semula 2.390 liter/detik menjadi 2.539 liter/detik, sehingga ada kenaikan sekitar 149 liter/detik.  
Tambahan kapasitas IPAM Karangpilang 2 tersebut selanjutnya didistribusikan kepada pelanggan melalui Distribution Center Putat Gede.

Di sisi lain juga telah dilakukan peningkatan kapasitas produksi IPAM Ngagel 1 sekitar 88 liter/detik, dari yang semula 1.551 liter/detik menjadi 1.639 liter/detik.

Berbeda dengan IPAM Karangpilang 2, IPAM Ngagel 1 langsung didistribusikan ke pelanggan tanpa melalui Distribution Center.

Dengan peningkatan kapasitas produksi, maka perlu dilakukan pemerataan tekanan dengan pengaturan valve untuk mengantisipasi tekanan berlebih yang dapat menyebabkan kebocoran pipa dan/atau air keruh. Tekanan air akan diatur maksimal 7 mka.

Pemerataan tekanan ini diharapkan dapat meningkatkan layanan ke pelanggan di Surabaya Barat dan Surabaya Utara yang selama ini tekanan airnya kurang maksimal antara lain di Simomulyo, Pacuan Kuda, Simo Rejo, Tidar, Demak, Tembok Dukuh, Babadan Rukun, Dupak, Demak, Margorukun, Tambak Asri, Purwodadi, Perak, Krembangan, Kembang Jepun, Pabean, Ampel, Kapasan, dan sekitarnya.(Humas PDAM Surya Sembada)