BUMD Kota Surabaya Raih Penghargaan TOP BUMD Awards 2023 di Jakarta

Kamis, 6 April 2023
Share:
PDAM Surya Sembada berhasil menerima predikat TOP BUMD Bintang 5 dan TOP CEO BUMD 2023

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya dan PT BPR (Bank Perkreditan Rakyat) Surya Artha Utama Perseroda berhasil meraih penghargaan berskala nasional dalam acara TOP BUMD Awards 2023. Acara puncak penghargaan dengan tema: ‘Inovasi dalam membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD’ ini berlangsung di Hotel Raffles Jakarta pada hari Kamis, 5 April 2023.

Lima penghargaan bergengsi pada ajang Top BUMD Awards 2023 berhasil  dibawa pulang ke kota Surabaya. Di antaranya: TOP Pembina BUMD 2023 atas nama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi karena dukungan dan bimbingannya selaku Pembina BUMD; TOP BUMD Perumda Air Minum Bintang 5 untuk PDAM Surya Sembada; Top BUMD Bintang 4 untuk PT BPR Surya Artha Utama Perseroda; TOP CEO BUMD 2023 atas nama Direktur Utama PDAM Surya Sembada, Arief Wisnu Cahyono dan TOP CEO BUMD 2023 atas nama Renny Wulandari, Direktur Utama PT BPR Surya Artha Utama Perseroda.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Penyelenggara sekaligus pemimpin redaksi majalah Top Business, M. Lutfi Handayani disaksikan oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni. Penghargaan diterima oleh Arief Wisnu Cahyono, Direktur Utama PDAM Surya Sembada, Sunarno, Sekretaris Dewan Pengawas PDAM Surya Sembada, dan Renny Wulandari, Direktur Utama PT BPR Surya Artha Utama Perseroda.

“TOP BUMD Awards merupakan kegiatan penghargaan kinerja BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) yang terbesar dan paling membanggakan. Tahun ini diikuti 208 BUMD seluruh Indonesia,” ujar M. Lutfi Handayani.


Pemenang TOP BUMD Awards telah melalui seleksi ketat dengan puluhan juri yang terdiri dari para profesor dan doktor dengan Ketua Dewan Juri Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, yang juga Mantan Dirjen OTDA Kemendagri RI.


•    PDAM Surya Sembada berhasil menerima predikat TOP BUMD Bintang 5 dan TOP CEO BUMD 2023
Predikat TOP BUMD Bintang 5 adalah Ekselen/ Luar Biasa artinya BUMD yang memiliki pencapaian kinerja yang baik, kepemimpinan dan manajemennya baik selaras dengan visi BUMD, melakukan inovasi/perbaikan yang berkelanjutan dan didukung tekonologi informasi, memiliki peran besar dan penting dalam pembangunan ekonomi di daerah, serta layak untuk dijadikan contoh/ benchmark bagi BUMD lain.

“PDAM Surya Sembada dengan jumlah pelanggan per-Maret 2023 sejumlah 608.500 sambungan rumah, kapasitas produksi 11.295 liter/detik, dan cakupan layanan 99.85% memenuhi semua kriteria TOP BUMD Bintang 5. Terutama karena inovasi digitalisasi di bidang teknologi sistem informasi (TSI) khususnya aplikasi CIS (Customer Information System), aplikasi yang dibangun untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pengaduan, pembayaran, dan catat meter mandiri,” ujar Arief Wisnu Cahyono Direktur Utama PDAM Surya Sembada.

Arief Wisnu Cahyono juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan PDAM Surya Sembada.

“Ini adalah penghargaan untuk kita semua. Mulai dari Top Manajemen sampai staf dan tenaga jasa perorangan (satgas). Yang terpenting setelah mendapat TOP BUMD Bintang 5 adalah mempertahankan Bintang 5 ini sehingga masyarakat Kota Surabaya dapat merasakan manfaat PDAM Surya Sembada mulai dari kualitas,kontinyiuitas dan kuantitas,” tambah Arief Wisnu.

“Kami sebagai Dewan Pengawas PDAM Surya Sembada sebagai perwakilan dari Pemerintah Kota Surabaya memberikan apresiasi dan selamat atas pencapaian PDAM Surya Sembada di TOP BUMD Awards,” ujar Sunarno, Sekretaris Dewan Pengawas PDAM Surya Sembada.

“Dengan adanya penghargaan ini bukan hal yang mudah. Direksi bersama jajaran harus terus melakukan inovasi-inovasi. Bagaimana kedepan PDAM menjadi bangkit dan tumbuh untuk memberikan pelayanan, baik dari segi pengelolaan perusahaan maupun operasional,” kata Sunarno.


•    PT BPR Surya Artha Utama Perseroda berhasil menerima predikat TOP BUMD Bintang 4 dan TOP CEO BUMD 2023

Selain PDAM Surya Sembada, PT BPR Surya Artha Utama Perseroda, juga mendapatkan predikat Top BUMD Bintang 4. Renny Wulandari Direktur Utama mengatakan bahwa PT BPR Surya Artha Utama Perseroda berhasil meraih penghargaan karena aspek kinerja keuangan, inovasi produk yang bermanfaat untuk masyarakat dan pengembangan digitalisasi. Selain itu inovasi produk pinjaman modal kerja untuk memulihkan UMK (Usaha Mikro Kecil) untuk bangkit dari dampak pandemi dengan suku bunga rendah dan persyaratan mudah.

“Perkembangan seluruh aspek kinerja keuangan BPR tentunya menjadi penilaian, antara lain: aset, laba, penghimpunan dana tabungan dan deposito, penyaluran pinjaman, dan ratio tingkat kesehatan baik. Penghargaan TOP BUMD ini untuk memacu BUMD berprestasi dan memberikan manfaat untuk masyarakat Kota Surabaya,” pungkas Renny Wulandari.


HUMAS PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA
6 April 2023