Dampak COVID-19, Kandungan biocide air PDAM Surabaya ditingkatkan

Kamis, 19 Maret 2020
Share:
" Paling tidak air tersebut aman dan sehat cukup untuk mandi. Manfaatkan air PDAM di seluruh kota untuk ikut melawan Corona (COVID-19) "

Surabaya (ANTARA) - Kandungan biocide atau bahan kimia pembunuh bakteri dalam air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang dikirim ke rumah warga telah ditingkatkan pada level aman dan efektif untuk kebutuan disinfectant masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

"Paling tidak air tersebut aman dan sehat cukup untuk mandi. Manfaatkan air PDAM di seluruh kota untuk ikut melawan Corona (COVID-19)," kata Dirut PDAM Surabaya Mujiaman dalam diskusi pagi di salah satu Grup Whatsapp Surabaya Oh Surabaya (SOS), Rabu. 

Selain itu, lanjut dia, adanya tambahan reservoir atau tempat penyimpan air di seluruh Kota Surabaya juga bisa dipakai untuk membantu mengontrol kandungan biocide sampai ke rumah-rumah warga.

Mujiaman juga mengatakan bahwa mobil-mobil tanki yang dibawa Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama Dinas Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya sudah dilengkapi dengan tambahan biocide yang cukup untuk membersihkan tempat-tempat umum dari kontaminasi corona.

"Bagi teman-teman yang ingin membantu kerja ibu wali kota dengan menyemprot fasilitas umum dengan biocide silakan hubungi call center PDAM 0800-192-6666 atau whatsapp 0811-311-66-000
agar mendapat bantuan dan penjelasan," ujarnya.

Kebijakan direksi PDAM Surabaya tersebut mendapat respons dari Drg. David Andreasmito. Pemilik Klinik Jet Z Semolowaru Surabaya ini menilai biocide fungsinya hanya mengontrol jumlah bacteri sehingga air bisa digunakan secara aman.

"Tapi air tersebut tidak bisa dipergunakan sebagai desinfectans.  Desinfectans itu minimal pelarutnya ethanol 70/80 persen. Kalau untuk anti virus ditambah hidrogen peroxide. Tapi masalahnya mandi memakai alkohol," katanya.

Ia menjelaskan disinfectan itu membunuh bacteri sehingga air yang dikontrol bakterinya dengan biocide tidak punya efek sebagai disinfectan. 

"Jangankan disinfectan yang membunuh backteri, sebagai antiseptik saja tidak. Tapi lumayan kalau untuk menenangkan. Airnya bersih tapi bukan untuk membersihkan," katanya. (*)

 

 

Pewarta : Abdul Hakim
Editor : Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

https://jatim.antaranews.com/berita/362206/dampak-covid-19-kandungan-biocide-air-pdam-surabaya-ditingkatkan