Perjanjian Kerja Sama (PKS)

Kerjasama Pemanfaatan Sertifikat Elektronik PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dan Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara

Jumat, 17 Maret 2023
Share:
PDAM Surya Sembada Kota Surabaya mengadakan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait Pemanfaatan Sertifikat Elektronik di Surabaya pada Kamis, 16 Maret 2023.

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya mengadakan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait Pemanfaatan Sertifikat Elektronik di Surabaya pada Kamis, 16 Maret 2023.  

PKS  ditandatangani secara elektronik oleh Sayid Mochammad Iqbal, Manajer Senior Kelola Sistem Informasi dan Aset Properti PDAM bersama Jonathan Gerhard Tarigan, Kepala BSrE BSSN, disaksikan oleh Direktur Utama PDAM Arief Wisnu Cahyono, Direktur Operasi PDAM Nanang Widyatmoko dan Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN, Sigit Kurniawan.

Sigit Kurniawan dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam menjalankan fungsi keamanan siber, BSSN berkolaborasi dengan PDAM untuk membantu fungsi digitalisasi yang ada di PDAM. Karena memang inilah peran BSSN sebagai ahlinya sesuai dengan yang diamanatkan Presiden Jokowi untuk melakukan kolaborasi dalam hal keamanan siber.

“Dalam kegiatan ini kami sosialisasikan bahwa Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) merupakan unit pelaksana teknis di BSSN yang mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan sertifikasi elektronik guna mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik. BSrE menjadi salah satu penyelenggara sertifikat elektronik yang sah, valid dan diakui yang terdaftar di Kominfo. BSrE saat ini sudah bekerjasama dengan lebih dari 523 mitra mulai dari Pemerintah Pusat, BUMN, dan BUMD di seluruh indonesia. Saat ini yang melakukan penandatanganan elektronik telah lebih dari 900.000 tanda tangan perhari. Alhamdulillah PDAM Surabaya sudah melakukan digitalisasi penggunaan penandatanganan elektronik sehingga tidak tertinggal dari stakeholder yang lain.” lanjut Sigit Kurniawan.

Terkait acara ini Arief Wisnu menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk keseriusan PDAM Surabaya mewujudkan visi menjadi Perusahaan Air Modern dan terus mengikuti perkembangan teknologi. Dengan adanya tanda tangan elektronik ini akan semakin mempercepat proses kerja dan pelayanan kepada masyarakat Kota Pahlawan. Mengingat saat ini ranah siber telah menjadi salah satu bidang yang mempengaruhi percepatan pelayanan.

HUMAS PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA
17 MARET 2023