PDAM Surabaya Uji Coba Bersama Alat Pendeteksi Kehilangan Air Teknologi Korea Selatan

PDAM Surabaya Uji Coba Bersama Alat Pendeteksi Kehilangan Air Teknologi Korea Selatan

Kamis, 13 Juli 2023
Share:
PDAM Surabaya Uji Coba Bersama Alat Pendeteksi Kehilangan Air Teknologi Korea Selatan

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya melakukan Uji Coba Bersama Alat Pendeteksi Kehilangan Air/Water Leak Detector Teknologi Korea Selatan dengan WI Plat Co Ltd, perusahaan asal Korea Selatan didampingi PT Supra Internasional Indonesia.

Uji coba bersama dilakukan di Jalan Greges, Margomulyo Kecamatan Asemrowo Surabaya pada hari Selasa, 11 Juli 2023.

“WI Plat melakukan presentasi Intelligent Water Loss Management System sekaligus menguji alat pendeteksi kebocoran air water leak detector dan water meter inspection di lapangan. Alat ini untuk membantu memeriksa kebocoran air dari meter air di pelanggan dan katup/valve dengan biaya rendah,” ujar Sang Hoon Cha, CEO WI Plat Co Ltd.

Sang Hoon Cha didampingi oleh Azwar Anas Reza, Manajer Pengendalian Kehilangan Air dan tim dari bagian Pengendalian Kehilangan Air, bagian Sistem Distribusi Barat, serta bagian Pengendalian Proses dan Energi PDAM Surya Sembada.

“Sampai saat ini saya masih aktif turun ke lapangan untuk mencari titik kebocoran di negara-negara di Asia yang bekerja sama dengan kami. Karena dengan duduk di belakang meja saja kita tidak bisa menurunkan kehilangan air,” ungkap Sang Hoon Cha.

“Kami sudah melokalisir area kebocorannya, sehingga pencarian kebocoran tidak akan melebar. Rencana kegiatan lanjutan dilakukan minggu depan. Sesuai rekomendasi dari Sang Hoon Cha karena areanya jalur lalu lintas padat truk-truk besar yang mempengaruhi pembacaan kebocoran. Kami diminta ukur ulang dengan memanfaatkan NELOW Software yang terkoneksi dengan Sistem GIS milik PDAM untuk mendapatkan akurasi titik lokasi kebocoran tanpa terpengaruh oleh kebisingan karana padatnya jalur lalu lintas kendaraan,” lanjut Azwar Anas Reza.

Uji coba alat ini tindaklanjut penandatanganan Nota Kesepahaman/MoU (Memorandum of Understanding) PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dengan WI Plat Co Ltd dan PT Supra Internasional Indonesia pada 10 Juli 2023.

Sebelum dilakukan uji coba alat di lapangan, WI Plat Co Ltd melakukan presentasi dan pengenalan alat terlebih dahulu di Ruang SOCC (Service and Operation Command Center) PDAM Surya Sembada. Presentasi alat dan alih teknologi dilakukan langsung oleh CEO WI Plat Co Ltd, Sang Hoon Cha didampingi penerjemah bahasa Korea Selatan, Lee Uen Ji.

Ada beberapa alat yang diuji coba yaitu Sonic GL, untuk memeriksa kebocoran di meter air pelanggan dan di valve; Sonic M1 untuk membantu menentukan lokasi kebocoran yang tepat dengan mendeteksi suara dari bawah tanah.

Peralatan lainnya adalah Sonic M2 untuk mengenali terjadinya kebocoran air dari jarak jauh dengan memantau perubahan MNP (Monitoring Night Pressure) atau Tekanan Malam Maksimum; Sonic T1 yang dapat membantu mengirimkan suara dari pipa dapat dipasang di pipa PVC dan pipa steel; serta perangkat lunak yang menyediakan fungsi terintegrasi untuk manajemen kehilangan air, manajemen GIS, pemantauan aliran, pemantauan tekanan air, dan manajemen recovery kebocoran.

Humas PDAM Surya Sembada Kota Surabaya
12 Juli 2023