PDAM Surya Sembada Kota Surabaya bekerjasama dengan ITS dan DIKTI dalam Pengembangan GNSS Mobile Mapping untuk Mendata Aset PDAM

Kamis, 26 Januari 2023
Share:
-----

 

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya bekerjasama dengan ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan dengan dukungan dari DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) bekerja sama dalam hal pengembangan GNSS (Global Navigation Satellite System) Mobile Mapping. 

“GNSS adalah pengambilan data spasial secara mobile yang berfungsi untuk pengambilan data aset PDAM. Alat ini telah diujicobakan di lingkungan ITS dengan menggunakan kendaraan operasional PDAM. GNSS mobile mapping bisa mendokumentasikan dengan memotret 360 derajat, selanjutnya Artificial Intelegence akan mengolah objek, jarak dan dimensi. Alat ini sangat bermanfaat untuk mendata aset-aset manajemen PDAM baik itu jaringan perpipaan, rumah pompa, tanah aset, sampai dengan meter air rumah pelanggan dengan akurasi data 2-30 cm,” ujar Achmad Agus Salim.

“Alat GNSS versi pertama kerjasama dengan ITS yaitu Geo PD ITS. Alat ini sangat bermanfaat untuk mendata aset manajemen PDAM baik di jaringan perpipaan, posisi rumah pompa, jembatan pipa, chamber, valve, katodik, sampai dengan meter air rumah pelanggan dengan akurasi data 1-30 cm,” ujar Achmad Agus Salim.

Awal Januari 2023, alat GNSS telah dikembangkan menjadi versi ketiga dengan perbaikan di sistem elektrikal dan bentuknya. Versi pertama menggunakan kabel yang masih manual tanpa baterai yang tersambung dengan handphone. Versi kedua menggunakan baterai tanam & masih menggunakan kabel. Versi ketiga tampilannya lebih ramping, serta memakai baterai charge (tidak tanam) dan menggunakan bluetooth. Kemudian secara pararel dikembangkan ke arah mobile mapping yang dapat merekam dengan kamera 360.

Sebelumnya di bulan November 2022 lalu telah dilakukan pemaparan di Gedung Geomatika ITS oleh Tim ITS dan Tim PDAM Surya Sembada di hadapan DIKTI sebagai penyandang dana (funder) utk program pengembangan GNSS Mobile Mapping. 

Hadir dari DIKTI: Debbi Chyntia Ovami, I Gde Nyoman Merthayasa, dari ITS: Hepi Hapsari Handayani, Ketua Pengembangan Sistem Informasi Geografis, dan Mokhamad Nur Cahyadi, anggota (Teknik Geomatika) Pengembangan dan Pengujian Perangkat GPS, dan dari PDAM Surya Sembada: Achmad Agus Salim Manajer Pengendalian Proses, dan Deni Kurniawati Supervisor Pengawasan Proses Distribusi dan Sistem Informasi Geografis PDAM Surya Sembada.