Program Kemitraan Solidaritas (PKS) PERPAMSI di Bumi Serambi Mekah

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya menjadi mentor dalam Program Kemitraan Solidaritas (PKS) PERPAMSI di Bumi Serambi Mekah

Rabu, 30 Agustus 2023
Share:
PDAM Surya Sembada Kota Surabaya menjadi mentor dalam Program Kemitraan Solidaritas (PKS) PERPAMSI

#SobatAir PDAM Surya Sembada Kota Surabaya menjadi mentor dalam Program Kemitraan Solidaritas (PKS) PERPAMSI di Bumi Serambi Mekah. PDAM Surya Sembada Surabaya menjadi mentor dengan empat resipien yakni Perumdam Tirta Daroy Kota Banda Aceh, Perumdam Tirta Mountala Aceh Besar, Perumdam Tirta Krueng Meureudu Kabupaten Pidie Jaya, dan Perumdam Tirta Monmata Kabupaten Aceh Jaya. Kunjungan Diagnostik PKS ini berlangsung selama tanggal 6 s.d. 16 Agustus 2023.


Mentor dari PDAM Surya Sembada Kota Surabaya adalah Azwar Anas Reza, Manajer Pengendalian Kehilangan Air; Nurlillah Satria Pratama, Manajer Pemakaian Air; Bambang Tri Widayanto, Supervisor Perencanaan Proses Distribusi dan Pemeliharaan Perpipaan; dan Hendro Ardiansyah Riyanto, Supervisor Perencanaan Program dan Sistem Kerja Sama. Dari PERPAMSI hadir Risma Apriandy dan Ruswanto sebagai Fasilitator PKS.

“Kami menjadi mentor untuk PKS Perpamsi awalnya hanya untuk 1 PDAM resepien yaitu Perumdam Tirta Daroy Kota Banda Aceh. Pada pelaksanaannya PDAM Surya Sembada diminta Perpamsi untuk menjadi mentor 3 resipien tambahan di Provinsi Aceh, yaitu Perumdam Tirta Mountala Aceh Besar, Perumdam Tirta Krueng Meureudu Pidie Jaya dan Perumdam Tirta Mon Mata Aceh Jaya,” ujar Azwar Anas Reza, Manajer Pengendalian Kehilangan Air PDAM Surya Sembada.

PKS diresmikan dengan penandatanganan komitmen kerja sama awal atau Letter of Intent (LoI) di Kantor Perumda AM Tirta Mountala Kabupaten Aceh Besar pada hari Senin (7/8). Penandatanganan LoI antara PDAM Surya Sembada Surabaya selaku mentor dengan empat resipien.

Hadir di acara penandatanganan LoI, Ketua Umum PERPAMSI yang diwakili Anggota Dewas Pengurus Pusat PERPAMSI sekaligus Direktur Utama Perumdam Tirta Daroy Kota Banda Aceh, Teuku Novizal Aiyub; Ketua PD PERPAMSI Provinsi Aceh/Direktur Perumda Aceh Besar Sulaiman; Direktur PDAM Pidie Jaya Cut Faisal; Direktur Perumdam Aceh Jaya Muhadi; serta Dewas/perwakilan Pemda masing-masing resipien.

Para mentor dan resipien sepakat untuk menjalin kerja sama di bawah Program Kemitraan Solidaritas (PKS) PERPAMSI 2023-2024. Adapun bidang kegiatan setelah dilakukan kegiatan diagnostik antara lain adalah GIS dan dan Pressure Management, NRW, review SOTK, Akurasi Baca Meter Pelanggan, dan Penyusunan Dokumen RPAM. Adapun program yang akan dikerjasamakan para pihak (mentor dan resipien) disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing resipien.

“Yang sudah masuk tahap implementasi adalah Perumdam Tirta Daroy Kota Banda Aceh, 3 resipien lainnya masih tahap awal/ diagnostic. Pada tahap implementasi terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan, dengan semangat solidaritas dan kebersamaan yang tinggi antara pihak mentor dan resipien akhirnya kendala tersebut bisa diselesaikan bersama terutama oleh pihak resipien,” tambah Azwar Anas Reza.

"Kesan saya terhadap Tim Mentor PDAM Surya Sembada Kota Surabaya pada Program PKS PERPAMSI 2023 dengan 4 PDAM di Aceh adalah berkomitmen tinggi, bersahabat, berdedikasi tinggi dan solidaritas tinggi sesama tukang ledeng, sehingga permasalahan yang ada dapat ditemukan akar permasalahannya,” ungkap Ruswanto selaku Fasilitator PKS dari PERPAMSI.