PDAM Surya Sembada Resmikan 29 Master Meter Baru

Kamis, 31 Oktober 2019
Share:
Sebanyak 29 master meter yang digunakan untuk 1810 rumah tangga telah diresmikan oleh Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Mujiaman, Kamis (13/9) di Dyandra Convention Center. "Master meter sudah lama diprogramkan, ini sangat membantu Surabaya

Sebanyak 29 master meter yang digunakan untuk 1810 rumah tangga telah diresmikan oleh Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Mujiaman, Kamis (13/9) di Dyandra Convention Center.
 
"Master meter sudah lama diprogramkan, ini sangat membantu Surabaya yang masih 2% belum dapat akses air minum dan sanitasi layak," jelas Mujiaman dalam sambutannya. 
 
Master meter merupakan program ini pemberian akses air bersih melalui meter besar yang nantinya pengelolaannya dilakukan oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang akan menjadi penghubung antara pengguna Master Meter dan PDAM. 
 
Untuk program master meter ini, PDAM Surya Sembada bekerja sama dengan IUWASH PLUS yang bertugas membentuk lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk pendampingan masyarakat serta melakukan pelatihan manajemen maupun teknis operasi. Selain itu, juga memberi 30 persen untuk pembelian material konstruksi bagi masyarakat.
 
Selain IUWASH PLUS, PDAM Surya Sembada juga bekerja sama dengan Coca Cola Foundation Indonesia yang memberi bantuan dana untuk jaringan ke masyarakat penerima master meter.
 
Dengan adanya master meter ini, PDAM Surya Sembada semakin dekat untuk mencapai target 100 persen akses air bersih tahub 2020, sesuai target MDG`s pemerintah Indonesia. "Saya orang yang paling berbahagia pagi ini
cita-cita orang sedunia adalah memiliki Sustainable Development Goals dan hidup sehat," ungkap Mujiaman bangga.
 
Saat ini, tercatat 148 master meter yang telah dipasang oleh PDAM Surya Sembada dan dimanfaatkan oleh sekita 8499 rumah tangga.