PDAM Surya Sembada–IFC Jalin Kerjasama

PDAM Surya Sembada–IFC Jalin Kerjasama Pembangunan Insfrastruktur dan Peningkatan Layanan Penyediaan Air Minum di Kota Surabaya

Rabu, 5 Juli 2023
Share:
Pembangunan Infrastruktur dan Kebutuhan Pembiayaan terkait dengan Perluasan dan Peningkatan Layanan Penyediaan Air Minum PDAM Surya Sembada di Kota Surabaya.

PDAM Surya Sembada–IFC Jalin Kerjasama Pembangunan Insfrastruktur dan Peningkatan Layanan Penyediaan Air Minum di Kota Surabaya


SURABAYA – PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dan IFC (International Finance Corporation) sebagai anggota grup World Bank menandatangani Perjanjian Surat Perikatan Upstream (Surat Perikatan)/Upstream Engagement Letter Agreement tentang Pembangunan Infrastruktur dan Kebutuhan Pembiayaan terkait dengan Perluasan dan Peningkatan Layanan Penyediaan Air Minum PDAM Surya Sembada di Kota Surabaya.

Penandatanganan Surat Perikatan dilaksanakan di Kantor Pusat PDAM di Jl Prof Dr Moestopo No.2 Surabaya pada hari Selasa, 27 Juni 2023. Surat Perikatan ditandatangani oleh Arief Wisnu Cahyono, Direktur Utama PDAM Surya Sembada bersama Victoria Delmon selaku Manajer Upstream & Advisory, INR Asia Pasific IFC.

Saat penandatanganan, Direktur Utama PDAM didampingi oleh Nanang Widyatmoko, Direktur Operasi dan Achmad Prihadi, Direktur Keuangan. Dari IFC hadir mendampingi Fajar Eko Antono, Operation Officer dan Muhammad Ihsani, Associate Operations Officer.

IFC adalah Organisasi Internasional yang didirikan berdasarkan perjanjian yang ditandatangani oleh negara-negara anggotanya, termasuk Indonesia. IFC bekerja di lebih dari 100 negara, menggunakan modal, keahlian, dan pengaruhnya untuk menciptakan pasar dan peluang di negara anggotanya.

Sebagai langkah awal, PDAM Surya Sembada telah meminta agar IFC menyediakan layanan yang berhubungan dengan Proyek, dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan dalam Surat Perikatan. Setelah pelaksanaan Layanan, di antara faktor-faktor lainnya, PDAM Surya Sembada diharapkan dapat mencari pembiayaanpendanaan jangka panjang untuk pengembangan Proyek.

 “Surat Perikatan ini merupakan bagian dari prakarsa “Utilities for Climate” (U4C) yang bertujuan mendukung kemajuan perusahaan utilitas air minum di seluruh dunia, termasuk PDAM. Sampai sejauh ini IFC telah berhasil melaksanakan prakarsa U4C di berbagai kawasan diantaranya di Amerika Latin, Turki, dan lain sebagainya. PDAM Surya Sembada meminta IFC untuk mendukung melalui penilaian cepat terhadap kinerja sistem pengelolaan air milik PDAM termasuk saran untuk meningkatkan layanan dan efisiensinya” tutur Arief Wisnu Cahyono.


HUMAS PDAM Surya Sembada Kota Surabaya
5 Juli 2023